Ciri Biji Kakao Yang Baik

Ciri Biji Kakao Yang Baik – Banyak orang yang menyukai berbagai olahan baik itu makanan maupun minuman yang terbuat dari coklat. Kini sudah sangat banyak sekali produk makanan olahan berbahan dasar coklat.

Ciri Biji Kakao Yang Baik

Seperti yang kita ketahui kalau coklat ini dibuat dari biji kakao dimana coklat yang  baik pastilah dibuat dari biji kakao yang baik. Namun penggunaan mesin pengolahan yang baik juga akan mempengaruhi kualitas coklat.

Dalam industri pengolahan makanan ringan yang terbuat dari coklat maka perlu untuk mengetahui bagaimana biji kakao yang baik. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap produk yang dihasilkan nantinya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak cara memilih biji kakao yang baik :

  1. Lihat warna dan tekstur biji kakao

Bila Anda dapat memetik biji kakao ini sendiri maka pertama – tama perhatikanlah warna dan teksturnya. Pilihlah buah kakao yang memiliki ciri – ciri berwarna coklat keemasan dan sudah kering. Hindari memetik buah kakao yang bertekstur lembek dan berwarna merah, hal ini dikarenakan kakao tersebut pasti sudah membusuk dan pastinya akan mengandung berbagai macam bakteri yang berbahaya di dalamnya.

Anda juga harus memperhatikan kulit buahnya, pastikan kulit buah kakao tidak berlubang – lubang dan bijinya melekat di dalamnya. Bila Anda melihat biji kakao tidak melekat maka dapat dipastikan di dalam biji kakao tersebut telah mengandung bakteri conopomorpha cramella.

  1. Perhatikan apabila ada merek

Selain dapat memanen sendiri, kini biji kakao juga banyak dijual dipasaran. Sebelum Anda membeli biji kakao perhatikan dahulu kemasan biji kakao terutama bila kakao tersebut menggunakan merk terkenal. Pada kemasan merk ini biasanya terdapat berbagai informasi seperti cara kakao tersebut dibersihkan, cara pengolahan kakao dan berbagai informasi penting lainnya.

Pohon kakao ini biasanya ditanam pada daerah lembah yang lembab, karena kondisi inilah berbagai jenis bakteri dapat tumbuh dengan cepat. Pada umumnya dalam kemasan merek dicantumkan tentang informasi yang menyarankan untuk memperhatikan dan membuang bakteri yang terdapat pada kakao sebelum Anda menggunakannya.

  1. Kondisi saat dijual

Langkah berikutnya saat Anda akan membeli biji kakao ini adalah lihat kondisi biji kakao tersebut saat dijual. Perhatikanlah apabila kakao tersebut lembab maka ada kemungkinan kakao tersebut sudah terkena bakteri. Akan lebih baik lagi bila Anda mencari tahu terlebih dahulu soal perusahaan penjual biji kakao, cari tahulah tentang bagaimana cara mereka mengolah dan juga membersihkannya.

  1. Perhatikan pula kadar air biji kakao

Seperti yang telah dibahas sebelumnya kalau biji kakao yang lembab maka kemungkinan biji kako tersebut sudah terdapat bakeri di dalamnya. Oleh karena itu pilihlah biji kakao yang kering dengan kadar air sekitar 6 – 7 %. Bila Anda membelinya dalam jumlah yang banyak untuk keperluan produksi, maka Anda dapat mengukur kadar air ini menggunakan alat ukur.

Alat ukur ini biasa disebut Moisture Meter atau alat ukur kadar air. Dalam pengukuran kadar air biji kakao salah satu moisture meter yang terbaik adalah Moisture Meter JV006. Alat ini dapat mengukur kadar air pada berbagai macam bijian dengan akurat termasuk biji kakao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *