Manfaat Besi Baja

Manfaat Besi Baja – Besi baja adalah jenis logam yang sudah tidak asing lagi bagi kita karena sudah banyak digunakan. Penggunaan besi baja ini sangat penting digunakan pada bidang konstruksi dan pembangunan.

Manfaat Besi Baja

Besi baja merupakan sebuah logam yang dibuat dengan menggunakan campuran besi dan juga karbon yang tentunya bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan logam yang satu ini. Jadi besi baja dibuat dengan bahan dasarnya berupa besi sedangkan karbon ini digunakan sebagai campuran utamanya untuk mendapatkan besi dengan karakteristik tertentu.

Campuran karbon yang ditambahkan pada besi ini jumlahnya akan membedakan grade atau kualitas dari sebuah besi baja. Penambahan bahan karbon pada besi ini bertujuan agar besi mendapatkan tingkat kekerasan yang lebih baik dibandingkan besi sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan tertentu.

Meskipun karbon digunakan sebagai campuran utama, namun besi baja juga mempunyai campuran lainnya seperti mangan, krom, vanadium dan beberapa unsur lainnya. Dengan banyaknya campuran tambahan dalam besi baja bertujuan agar penggunaan besi baja dapat berkembang lebih luas. Salah satu nilai plus dari besi baja yang menyebabkannya memiliki pemanfaatan sangat besar adalah dari segi durabilitas yang tinggi karena sifatnya yang keras.

Dengan berbagai bahan tambahan tersebut membuat besi baja dapat memiliki tingkat kekerasan yang bisa mencapai 7 skala mohs bahkan lebih. Nilai tersebut didapatkan dengan melakukan pengukuran menggunakan hardness tester atau alat ukur kekerasan material.

Karena memiliki tingkat durabilitas yang tinggi maka pemanfaatannya dalam bidang konstruksi dapat lebih luas lagi, dalam dunia konstruksi bila suatu material memiliki tingkat kekerasan yang lebih baik maka penggunaannya dapat lebih luas. Hal ini karena dalam dunia konstruksi sebagian besar perlengkapan yang di bangun akan berhadapan dengan air dan berbagai bahan lainnya yang dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada material yang akan membuatnya rusak.

Karena sifatnya tersebut maka besi baja dapat digunakan dalam berbagai keperluan seperti halnya :

Manfaat Besi Baja

Pembangunan gedung

Dalam proyek pembangunan gedung banyak memanfaatkan besi baja dalam bahan bangunannya, karena pada sebuah pembangunan gedung akan ada banyak jenis gaya yang digunakan karenanya dibutuhkan sebuah material atau bahan yang kuat untuk menahannya.

Karena memiliki durabilitas yang baik maka dapat menahan gaya yang terjadi tersebut. Selain itu jenis baja ringan juga sering digunakan dalam bidang pembangunan. Baja ringan memiliki ketahanan yang tinggi namun beratnya lebih ringan sehingga menyebabkannya banyak dimanfaatkan untuk pembangunan atap dari sebuah bangunan.

Pembangunan sarana transportasi

Selain pembangunan gedung, pembangunan sarana transportasi juga banyak memanfaatkan penggunaan besi baja, salah satu fasilitas umum dalam dunia transportasi yang dibangun dengan menggunakan besi baja adalah rel kereta api.

Seperti yang kita tahu bahwa rel kereta api akan terpapar panas dan hujan sehingga pembangunannya membutuhkan bahan – bahan yang anti panas dan juga anti karat seperti besi baja.

Selain itu besi baja juga digunakan dalam pembangunan jalan raya, dalam hal ini adalah jalan yang terbuat dari cor beton. Disini besi baja digunakan dalam tulangannya, selain itu dalam pembangunan jembatan juga banyak menggunakan besi baja dalam konstruksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *