Menguji Kekerasan Material

Menguji Kekerasan Material – Setiap material pastilah mempunyai sifat maupun kekuatannya masing – masing, dan untuk mengetahui hal tersebut kita dapat melakukan pengujian terhadap material tersebut. Hasil pengujian tersebut dapat digunakan untuk membuat material tersebut bertahan lebih lama, menentukan beban yang tepat  dan sebagai standar kualitas untuk material itu sendiri.

Menguji Kekerasan Material

Tentu kekuatan dari setiap materi akan berbeda – beda dimana semakin tinggi nilai kekuatan material maka semakin besar energi yang dibutuhkan untuk menimbulkan jejak pada permukaanya atau merubah bentuknya. Kekarasan material umumnya akan sama dengan kekuatan tariknya yang artinya jika kekerasan pada material tinggi maka kekuatan tariknya juga akan tinggi.

Lantas bagaimana cara mengetahui tingkat kekerasan suatu material?

Dengan pengujian Hardness Test atau pengujian yang dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kekerasan pada suatu material menggunakan sebuah alat yang dinamakan Hardness Tester. Pengujian kekerasan suatu material (hardness test) ini merupakan pengujian yang paling efektif dan mudah untuk mengetahui tingkat kekerasan material tersebut.

Secara umum pengujian kekerasan tersebut dapat dibagi menjadi 4 yaitu Brinell Hardness, Rockwell Hardness, Vicker Hardness dan Micro Hardness yang mana keempat metode pengujian tersebut secara garis besar akan menguji tingkat kekerasan pada material dengan menggunakan pembebanan yang berbeda.

Pada awalnya pengujian kekerasan pada suatu material dilakukan dengan cara merusak material tersebut atau setidaknya sedikit merusak material tersebut. Pengujian dilakukan dengan memberikan penekanan pada material sehingga menyebabkan material sedikit cekung atau bahkan cekung. Dari kekuatan penekanan yang digunakan akan diketahui tingkat kekerasan material, namun bila material tersebut dirusak tentu tidak akan dapat digunakan lagi.

Namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini berkembang pengujian kekerasan material tanpa merusak material tersebut atau NDT (Non Destructive Test). Pengujian cara ini memungkinkan material hasil pengujian dapat digunakan lagi. Pengujian ini biasanya dilakukan menggunakan alat ukur yang memanfaatkan gelombang ultrasonik yang dirambatkan melalui material.

Alat Uji NDT terbaik di Indonesia bisa Anda dapatkan di CV. Java Multi Mandiri yang merupakan distributor untuk alat ukur dan alat uji terbaik di Indonesia. Kami juga memberikan garansi untuk setiap produk kami selama 1 tahun, Anda juga akan mendapatkan customer support gratis dalam setiap pembelian produk kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *