Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman – Suhu merupakan faktor penting yang akan mempengaruhi baik pertumbuhan maupun perkembangan makhluk hidup termasuk tumbuhan. Selain unsur hara, air dan sinar matahari, dengan suhu yang sesuai juga akan membuat pertumbuhan tanaman menjadi optimal.

Pengaruh Suhu Terhadap Pertumbuhan Tanaman

Laju pertumbuhan tanaman berjalan pada kecepatan maksimum saat tanaman berada pada kondisi suhu yang optimum (suitable). Dengan catatan pula bahwa faktor – faktor lain seperti yang disebutkan tadi tidak menjadi pembatas (limiting factor) dalam pertumbuhannya.

Dalam selang suhu minimum menuju optimum, kecepatan pertumbuhan tanaman berbeda tidak nyata kalau waktu yang dibutuhkan cukup lama. Akan tetapi kecepatan pertumbuhan bertambah tinggi bila semakin dekat dengan suhu optimum.

Berbeda anatar selang suhu optimum ke suhu maksimum, maka kecepatan pertumbuhan pada umumnya menurun. Namun ada pengecualian pada jenis tanaman tertentu yang pertumbuhannya justru berlangsung cepat. Pada suhu optimum bila tanaman tidak stress maka suhu air pada daun akan mengikuti suhu udara, sedangkan suhu akar akan mengikuti suhu tanah.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah urutan pengaruh suhu terhadap fungsi tanaman adalah sebagai berikut :

  • Pertumbuhan
  • Pembelahan sel
  • Fotosintesa
  • Respirasi

Panas akan memberikan energi pada tanaman untuk melakukan beberapa fungsi tanaman dan agar tanaman dapat melaksanakan proses – proses fisiologisnya, suhu juga dapat mempengaruhi produk sintesa dan metabolisme tanaman tersebut.

Saat suhu udara di sekitarnya rendah maka tanaman akan lebih terangsang untuk membentuk polysakarida lebih banyak yang disebabkan karena respirasi yang menurun. Hal ini tentu berkaitan dengan kegiatan fotosintesa sebelumnya dan laju akumulasi karbohidrat akan lebih cepat bila suhu semakin menurun menjelang panen.

Tanaman di daerah dengan suhu udara sedang (temperate) maka suhu optimum untuk fotosintesa lebih rendah dibandingkan dengan suhu optimum untuk respirasi, hal ini karena fotosintesa tanaman menurun aktivitasnya bila suhu tidak favoraible.

Biasanya suhu optimum untuk fotosintesa berkisar antara 10oC sampai 30oC Menurut Leopold (1964). Apabila suhu berada di atas atau di bawah suhu tersebut maka laju fotosintesa akan berkurang, namun hal ini juga tergantung pada jenis tanaman.

Tanaman akan lebih cepat tua bila pada tahap vegetatif tanaman berada pada lingkungan dengan kondisi suhu di atas suhu optimalnya. Oleh karena itu banyak perkebunan yang sangat memperhatikan masalah suhu ini, tak jarang mereka menggunakan alat pemantau suhu seperti termometer khusus suhu udara untuk mengawasi suhu di daerah tersebut.

Akan tetapi saat menjelang panen bila terjadi kenaikan suhu maka hal tersebut tidak akan terlalu berarti. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa hubungan linear antara suhu dengan beberapa proses fisiologis dan morfologis tanaman hanya sampai batas suhu tertentu. Hubungan tersebut juga hanya sampai pada batas tercapainya suhu optimum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *