Refraktometer Memilih Madu Berkualitas

Refraktometer Memilih Madu Berkualitas

RHB-25ATC##

Sebenarnya alat ukur mengukur atau menentukan indek bias cairan atau padat suatu zat. Definisi indek bias cahaya suatu zat adalah kecepatan cahaya didalam hampa dibagi dengan kecepatan cahaya dalam zat tersebut.Pembiasan atau perubahan arah sinar terjadi karena sinar-sinar berjalan dari medium yang satu melewati medium lain yang kepadatannya berbeda-beda.

Beberapa prinsip sepoperti pengukurannya sendiri dapat dibedakan oleh cahaya, penggembalaan kejadian, total dari cahaya yang dipergunaan. Cahaya merambat dalam transisi antara pengukuran prisma dan media sampel dengan kecepatan yang berbeda indeks bias diketahui dari media sampel diukur dengan defleksi cahaya (Wikipedia Commons, 2010).

Salah satu cara untuk membedakan refraktometer berbeda. Klasifikasi dalam instrumen pengukuran analog dan digital, refraktometer analog tradisional sering digunakan sebagai sumber cahaya sinar matahari atau lampu pijar untuk berpisah dengan filter warna. Detector adalah skala yan dapat dibaca dengan system optic dengan mata (Wikipedia Commons, 2010).

Refraktometer Memilih Madu Berkualitas

Digital menggunakan refraktometer sebagai sumber cahaya adalah LED. Detektor adalah sensor CCD yang digunakan sebuah pengukuran temperature kompensasi indeks bias bergantung pada suhu. Metode pengukuran apalagi refraktometer digunakan dalam sensor mesin yang lebih kompleks, seperti sebagai sensor hujan dikendaraan atau di perangkat detector untuk kromotografi cair kinierja tinaggi (HPLC). Disini sering bekerja terus detector indeks bias digunakan (Wikipedia Commons, 2010).

Refraktometer Memilih Madu Berkualitas adalah salah satu cara menggunakan alat ukur kadar air madu yang sangat membantu bagi para peternak madu untuk mengetahi kemurnian zat didalam madu tersebut supaa memperoleh yang maksimal tetap dengan menjaga mutu madu tersebut.cara untuk menggunakan alat ini cukuplah mudah yaitu dengan meneteskan madu yang akan diukur kadar air atau zat yang terkandung dalam madu tersebut dengan proses yang cepat kita dapat melihat atau mempredeksi atau mempunyai standar ukuran yang akurat terhadap zat atau cairan yang terkandung berapa persentase cairan kadar airnya.

Setelah ditetesi madu atau sample madu dan melihat langsung indeks bias refraktometer karena kadar air ditunjukan oleh batas tertinggi warna biru muda yang terdapat pada skala metrik secara Vertikal. Angka yang terendah terdapat pada bagian atas semakin kebawah semakin bertambah besar dimana dalam hal ini menunjukan kadar air didalam madu semakin besar.prinsip pengukuran pada alat ini adalah dengan mentrasmisikan sinar kasa.Fungsi Refraktometer itu sendiri hanya untuk menunjukan kadar air didalam zat atau cairan yang terkait seperti madu.

Madu telah memiliki sejarah penggunaan, termasuk dalam penyembuhan, yang sangat panjang. Ilmu pengetahuan modern juga mengungkap kandungan antibakteri dan antiinflamsi dalam madu.Selain untuk mencegah penyakit, madu juga dipercaya berkhasiat untuk kecantikan kulit. Begitu luasnya penggunaan madu, di pasaran banyak beredar madu dalam berbagai merk.
Sebagai konsumen, tentu kita harus lebih teliti dalam memilih madu karena banyak produk yang mengklaim madu asli. Kualitas madu sangat ditentukan oleh sumber nektar, kualitas tanah tempat tanaman sumber nektar tumbuh, cuaca, derajat pemasakan, dan cara ekstraksi.

Berikut adalah tip memilih madu berkualitas:

1. Perhatikan kadar air

Madu yang baik dan berkualitas tidak terlalu cair atau encer. Kalau sangat encer, artinya madu itu sudah tercampur atau dicampur air. Cara mengeceknya secara manual adalah dengan menuangkan madu dari botolnya. Madu yang mengeluarkan gelembung lebih cepat berarti memiliki kadar air lebih tinggi. Kendati begitu, parameter ini bergantung pada peternakan lebah dan musim yang berlangsung. Pada musim penghujan, biasanya madu yang dihasilkan lebih encer.

2. Warna madu
Kandungan mangan, besi, sulfur, klorn, potasium, magnesium, dan sodium membuat madu berwarna lebih gelap. Derajat keasaman yang tinggi juga menyebabkan madu berwarna lebih gelap. Aroma madu berwarna gelap juga lebih kuat dibanding yang berwarna terang. Namun warna madu tidak tetap, dan bergantung pada jenis bunga yang digunakan.

3. Kebersihan madu
Sebelum memilih, pastikan tidak ada serpihan debu atau jenis kotoran lain di dalam madu. Madu yang kotor menandakan proses penyaringan yang tidak sempurna. Kendati begitu madu dengan kandungan serbuk sari tinggi biasanya agak keruh.proses produksi hingga pengemasan tidak lebih dari 24 jam. kadar air yang rendah sekitar 17% kebanyakan madu mempunyai kadadar air yang tinggi sehingga mengalami fermentasi. madu asli yang baik dapat mengganti konsumsi gula bagi penderita diabetes.
Meski mengandung kadar gula yang tinggi, namun madu memiliki berbagai khasiat positif bagi kesehatan. Baru-baru ini penelitian mengungkap manfaat madu untuk meredakan batuk balita di malam hari. Selain meredakan batuk dan membuat tidur lebih tenang, berikut adalah beberapa khasiat madu yang menganggumkan.

Khasiat Madu :

RHB-25ATC

Antibiotik olesPenelitian menunjukkan beberapa penyakit kulit, seperti luka bakar, tergores, hingga bekas jahitan operasi, memberikan respon pada “terapi madu” yang dioleskan di bagian luka. Kandungan alami madu berupa hidrogen perioksida yang diproduksi dari enzim lebah diduga bekerja seperti antibiotika alami sehingga punya daya menyembuhkan. Kandungan anti-inflamasi dalam madu terbukti membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat gigitan nyamuk. Meningkatkan kekebalan tubuh madu sangat kaya akan polifenol, jenis antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas, yang bisa memicu penyakit kanker dan penyakit jantung.
Meredakan gangguan pencernaan daalam penelitian tahun 2006 yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa mengganti gula dengan madu dalam makanan yang diproses akan meningkatkan mikroflora dalam usus. Tetapi penelitian itu baru dilakukan pada tikus laboratorium.
Mengobati jerawat menurut penelitian awal, madu jenis Manuka dan Kanuka efektif mengatasi jerawat vulgaris, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh inflamasi dan infeksi folikel pilosebaceous di wajah, punggung, atau dada.

Posted in Uncategorised

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *