Sumber Kekayaan Alam Peningkatan Pendapatan Negara Indonesia

Sumber Kekayaan Alam Peningkatan Pendapatan Negara Indonesia

Sumber Kekayaan Alam Peningkatan Pendapatan Negara Indonesia  adalah  merupakan keseluruhan hasil dari semua kekayaan alam yang ada di Negeri tercinta kita ini  baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi kita ini untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sedangkan faktor penting yang paling dominan mempengaruhi berhasil tidaknya suatu negara dalam memanfaatkan keseluruhan sumber daya alam kita sebut dengan sumber daya manusia . Tingkat SDM yang berkualitas dalam memanfaatkan SDA akan memungkinkan terciptanya tenaga kerja yang berkualitas, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kemajuan di bidang ekonomi.

Berdasarkan cara terbentuknya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (bahan tambang) dapat dibedakan menjadi:

  • Bahan tambang magmatik, yaitu bahan yang terbentuk dari proses magma.
  • Bahan tambang pematit, yaitu bahan yang terbentuk di dalam diatrema dan dalam bentukan instrusi.
  • Bahan tambang endapan, adalah bahan galian yang terbentuk akibat adanya proses pengendapan.
  • Bahan tambang hasil pengayaan sekunder, yaitu bahan tambang yang terbentuk karena terkonsentrasinya mineral dari batuanyang melapuk.
  • Bahan tambang hasil metamorfosis kontak, yaitu bahan tambang yang terbentuk karena tercampurnya magma dengan batuan lain sehingga terbentuk mineral baru.
  • Bahan tambang hidrtermal, yaitu resapan magma cair yang membeku di celah-celah struktur lapisan bumi atau pada lapisan yang bersuhu relatif rendah (dibawah 500oC).

Golongan Bahan Tambang Itu sendiri Menurut nilai dan fungsinya terbentuk menjadi beberapa bagian antara lain :

  •  Golongan bahan tambang strategis yang mana bahan tambang yang hanya boleh dimiliki oleh pemerintah. Seperti : batubara, minyak bumi, alumunium, timah putih, besi, dll.
  •  Golongan bahan tambang vital karena bahan tambang ini dapat menjamin hajat hidup orang banyak. Seperti : emas, perak, magnesium, seng, wolfram, batu permata, seng, dll.
  •  Golongan bahan tambang Industri.

Banyak sekali  faktor penyebab kerusakan sumber daya alam di dunia karena penyebarannya karena keberadaan sumber daya alam itu sendiri tidak merata juga sangat terbatas. tingkat kepadatan  manusia karena bertambahnya populasi dengan pengolahan yang tanpa perhitungan dan sering melakukan langkah yang tidak tepat antara lain :

Pertanian dengan sistem ladang berpindah serta penggunaan alat-alat berbahaya dalam penangkapan ikan adalah salah satu faktor yang dapat mengancam kelangsungan sumber daya alam. Kemudian pada teknologi dan industri dimana akibat negatif karena tidak menjaga dalam pengolahannya itu sendiri menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan. Pencemaran lingkungan itu sendiri antara lain pencemaran udara, air, tanah, serta suara.

Sumber dari keseluruhan kekayaan alam Indonesia sangat luar biasa yang mana dengan pengolahan yang dengan teknik tepat kekayaan ini seharusnya dapat kita ciptakan untuk mendongkrak tingkat kesejahteraan perekonomian dan bisnis masyarakat Indonesia. Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, sumber kekayaan alam yang dapat kita olah dan manfaatkan diklasifikasikan menjadi lima jenis, yaitu sumber kekayaan alam materi, sumber kekayaan alam hayati,  energi, sumber kekayaan alam ruang, dan sumber kekayaan alam waktu. Dan inilah sumber-sumber daya alam Indonesia pendongkrak devisa negara karena merupakan komoditas andalan negara kita ini seperti: Kelapa Sawit, karet, kakao, kopi, teh, Lada, Pala, Tembakau, Minyak Atsiri, Kayu, Ikan, Udang, Batu bara, Besi Baja, Timah dll.

Secara umum pengertian dari pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang meliputi pertanian tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, holtikultura, peternakan dan perikanan. Sejarah Indonesia sejak masa kolonial sampai sekarang tidak dapat dipisahkan dari sektor pertanian dan perkebunan, karena sektor – sektor ini memiliki arti yang sangat penting dalam menentukan pembentukan berbagai realitas ekonomi dan sosial masyarakat di berbagai wilayah Indonesia Sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Indonesia adalah sebagai petani dan perkebunan, sehingga sektor – sektor ini sangat penting untuk dikembangkan di negara kita

Posted in Uncategorised

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *