Syarat Pondasi Rumah 2 Lantai

Syarat Pondasi Rumah 2 Lantai – Pondasi rumah tinggal yang kuat adalah syarat yang harus dipenuhi untuk mewujudkan berdirinya sebuah bangunan yang kokoh dengan berbagai model arsitektur rumah. Berbagai jenis pondasi dapat Anda gunakan dalam membangun rumah yang tentunya setiap jenis pondasi memiliki kelebihan maupun kekurangannya masing – masing. Tentunya pemilihan jenis pondasi ini disesuaikan dengan kebutuhan bangunan dan memperhatikan kondisi tanah.

Syarat Pondasi Rumah 2 Lantai

Yang membutuhkan perhatian khusus adalah saat kita akan membangun rumah 2 lantai, disini Anda dapat menggunakan pondasi batu kali dan foot plat pada area kolom struktur. Sedangkan untuk rumah 1 lantai maka cukup menggunakan pasangan batu kali. Hal ini karena beban yang harus ditahan pondasi tidak terlalu berat atau pada situasi tertentu yang hanya merupakan bangunan kayu atau bambu yang ringan maka dapat menggunakan pondasi rollag dari pasangan batu bata.

Jenis pondasi yang digunakan juga harus disesuaikan dengan kondisi tanah, tentu kita tidak mau rumah yang sudah kita bangun mengalami penurunan. Hal ini tentu membahayakan kekuatan struktur bangunan sebagai contoh pada tanah yang lembek akan lebih baik jika menggunakan pondasi cakar ayam. Pondasi cakar ayam memiliki prinsip seperti akar serabut pohon kelapa yang meski tumbuh dipinggir pantai dengan tanah lembek masih mampu berdiri kokoh menjulang tinggi. Berbeda dengan tanah keras yang dapat menggunakan jenis pondasi pasangan batu kali.

Karena merupakan bagian yang vital, maka pondasi yang dibuat harus benar – benar dipastikan aman dan kuat. Kekuatan pondasi sendiri kini dapat Anda ukur menggunakan hardness tester yang akan menguji tingkat kekerasan beton pondasi. Pondasi yang kuat juga akan memastikan kuatnya bangunan yang ada di atasnya.

Selain jenis pondasi, tipe bangunan juga perlu dipertimbangkan ketika akan membangun bangunan. Anda harus menentukan apakah bangunan tersebut merupakan rumah tinggal sederhana atau bangunan bertingkat tinggi. Apabila Anda akan membangun gedung berlantai banyak maka Anda dapat menggunakan pondasi tiang pancang atau pondasi bor pile dengan kedalaman pemancangan sampai ke titik lapisan tanah keras.

Lapisan tanah keras tersebut dapat diketahui dengan cara melakukan tes tanah sebelum merencanakan pondasi bangunan bertingkat tinggi. Sedangkan untuk pondasi rumah sederhana cukup dengan menggunakan pondasi batu kali yang tidak terlalu rumit.

Dengan penambahan foot plat beton bertulang pada titik – titik berdirinya struktur kolom rumah maka pondasi batu kali maka pondasi dapat digunakan untuk rumah 2 lantai. Foot plat ini dibuat dengan ukuran pondasi menyesuaikan perhitungan perencanaan pondasi terkuat sehingga bangunan bertingkat tersebut benar – benar tangguh dan sanggup berdiri kokoh tanpa mengalami keretakan dinding atau bahkan kerobohan bangunan akibat struktur pondasi yang tidak kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *